6/30/2013

Update atau Upgrade


            Pertama kali gue bikin Facebook sebenernya cuman ikut-ikutan temen doang, tapi lama-kelamaan jadi asik-asikan, entah mengapa gue bisa menghabiskan dua jam cuman buat mantengin beranda doang, sesekali gue juga bikin status, padahal apasih tujuannya kita bikin status? Menurut survey (padahal gue doang yang nentuin) update status itu bisa dikategorikan menjadi beberapa :
  1. Sesuai dengan hati, ciri-ciri : Galau atau alay-alay, contoh “Pusing banget, gatau harus gimana lagi bikin kamu peka *terus emot sedih 8 biji*” atau status yang alay-alayan sama pacarnya “Syueebb thanks for tonight thanks for everything.... iloveyousomuch :**** (ini asli temen gue yang bikin status)” itu emot apa buntut buaya. Berasa keren banget kayaknya update status pake bahasa inggris, biar kayak artis, padahal makan tahu petis aja ngutang.
  2. Pengen diperhatiin : Menonjolkan sakit atau marah-marah, contoh “Ya ampun, ini kepala berat banget, gakuat ya tuhan :(“ mungkin itu kepalanya kalo ditimbang nyampe 5 kwintal berat banget, padahal gue pikir efektif dia minum panadol, daripada update. Adalagi yang bikin status “Ya ampun, ini udah sakit banget perut :(“ gue pikir itu cewek belum boker 2 windu kali.
Hal lebih absurd adalah orang yang marah-marah dibikin status “ Set*tiiit* banget, gak ngerti perasaan aku apa, aku udah capek, oke kalo itu maunya kamu!!!” Padahal, dia ngetik, bikin status kayak gitu ngarep di komen orang doang, ngarep ada merhatiin “Yang sabar 3eeEea4pss” padahal aslinya boro-boro marah, dia ngetik itu aja sambil boker mungkin. Not always you read are true guys.
  1. Pamer dan pencitraan. Ini nih, yang lagi jadi tren-tren masa kini, kayaknya segala hal yang kita lakuin harus banget gitu kan di update,”Bobo cantik dulu ah” ato “Jum’atan dulu ah biar ganteng” kenapa gasekalian aja “SHALAT JENAZAH DULU AH, BIAR CEPET NYUSUL!!” ini aneh kan, orang-orang harusnya upgrade pemikiran mereka dulu, baru update.
Media social emang menuntut kita untuk meng-update segala hal yang kita lakukan, misalnya foursquare dan  instagram.
Foursquare itu 10% untuk memberitahukan kita dimana, 40% gaya-gayaan, 50% pamer ke orang-orang. Nih, dari riset yang gue lakuin dengan cara stalking orang-orang yang pake foursquare (Gue kepo atom au riset sih) rata-rata orang yang checkin itu di pantai, hotel, restoran, misalnya aja “ I’m at Sanur beach Bali w/ 3 others” keren kan keliatannya, tapi seperti kata gue diatas guys, Not always you read are true, itu sebenernya yang checkin bisa aja lagi dipinggir kali ciliwung, cuman gengsi kan, masa iya dia mau checkin “ I’m at Kali Ciliwung w/ 3 others” disangka lagi mandiin bebek yang ada.
Belum lagi instagram, segala hal yang mau, pas, dan setelah elo lakuin wajib difoto, lalu di share. Misalkan makan, mau makannya difoto dulu, pas makannya difoto dulu, udah beres makan difoto lagi. Harusnya itu juga berlaku buat orang yang mau bepergian lagi milih-milih baju, bajunya difoto dulu, pas dibajunya difoto, beres dibaju juga difoto juga. Selain itu, anak instagram ini udah mirip anak alay twiter gitu, semacam alay teriak alay, kalo di twitter ada #TeamFollowback #JFB #Mentiong #Follback, instagram juga ada #instapict #instaday #instaLove #Love ah, udah mirip slogan demo. Gue gak kebayang, kalo Pak SB*tiiit* bikin instagram, bukan twitter. Nanti kalo mau rapat, foto dulu, mau negoisasi perang foto dulu, mau boker juga foto dulu.
Gue sendiri gak bisa ngelak, kalo dulu pernah alay, iseng-iseng liat Facebook tahun 2009, baca status sendiri udah kayak olahraga mata aja, naek turun gunung!! Tulisan gue, gede-kecil, gede-kecil mirip-mirip tanjakanlah. Bukan itu aja, tulisan gue juga terkadang memiliki harkat, misalkan “S3maaaAa44anggaTTattt” itu a nya hamper 8 harkatlah. Jadinya jijay sendiri liat gue waktu dulu.
Iseng-iseng sendiri buka facebook, kata-kata yang pertama kali keluar adalah “APAKAH GUE DULU SEPARAH ITUUU???!!!” 

0 komentar:

Posting Komentar